Nama Sekolah : MI Ta’limul Muta’alim
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : V (Lima) / I (ganjil)
Alokasi Waktu : 1 x 15 menit
STANDAR KOMPETENSI:
4. Menghitung volume kubus dan balok dan menggunakannya dalam pemecahan masalah
KOMPETENSI DASAR:
4.1 Menghitung volume kubus dan balok
INDIKATOR:
Menghitung volume kubus
Menghitung volume balok
Tujuan Pembelajaran:
Melalui komentar dan tanya jawab siswa mampu melakukan hal seperti:
Menghitung volume kubus dengan benar
Menghitung volume balok dengan benar
Karakter yang di kembangkan:
Disiplin
Ketelitian
Jujur
Rasa hormat
Materi Pokok:
Volume Kubus dan Balok
Kubus
Kubus adalah sebuah bangun ruang yang semua sisinya berbentuk persegi dan semua rusuknya sama panjang.
Volume Kubus
s x s x s
s = sisi
Contoh soal:
Tentukan volume bangun ruang berikut ini:
Sebuah kubus memiliki sisi 3 cm berapakah volume kubus tersebut?
Jawab:
Dik : s = 3 cm
Volume kubus = s x s x s
= 3 cm x 3 cm x 3 cm
= 27 cm3
Jadi volume kubus tersebut adalah 27 cm3
Balok
Balok adalah sebuah benda ruang yang di batasi oleh tiga pasang (enam buah) persegi, dimana setiap pasang persegi panjang saling sejajar (berhadapan) dan berukuran sama.
Volume Balok
p x l x t
p = panjang
l = lebar
t = tinggi
Contoh soal:
Tentukan volume bangun ruang berikut ini:
sebuah balok yang memiliki panjang 5 cm, lebar 3 cm tinggi 4 cm.
Jawab:
Dik: Panjang = 5 cm
Lebar = 3 cm
Tinggi = 4 cm
Volume balok = p x l x t
= 5 x 3 x 4
= 60 cm3
Jadi volume balok tersebut adalah 60 cm3
Metode Pembelajaran:
Tanya Jawab
Ekspirimen
Demonstrasi
Langkah-langakah Pembelajaran
Tahapan Kegiatan
A. Kegiatan Awal
Uraian kegiatan
- Guru membuka pelajaran dengan membaca Basmalah secara bersama-sama yang di pimpin oleh salah satu siswa
- Guru menyapa dan menanyakan kehadiran siswa (mengabsen)
- Guru menanyakan kepada siswa tentang pembelajaran yang sudah di pelajari sebelumnya. (Sambil melakukan apersepsi)
- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
- 3 menit
Tahapan Eksplorasi
- Guru mengajak siswa untuk mengamati gambar lewat proyektor dan secara langsung
- Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk memberikan komentarnya tentang gambar tersebut dengan tertib dan tidak berebut
- Guru memberikan penjelasan tentang materi yang akan di pelajari
- Guru membagi siswa menjadi dua kelompok kemudian guru meminta salah seorang siswa dari setiap kelompok untuk maju mengambil kertas dan menentukan benda yang akan di eksperimen mereka, guru memberikan waktu kepada siswa untuk melakukan eksperimen. Setelah selesai melakukan eksperimen setiap kelompok maju untuk mendemonstrasikan hasil yang mereka peroleh.
- Guru memberikan tantangan kepada siswa, siapa yang bisa menjawab satu soal yang di berikan oleh guru
10 menit
C. Kegiatan Akhir
- Siswa dengan bantuan guru diajak untuk membuat kesimpulan berkaitan dengan materi volume kubus dan balok
- Guru meminta siswa untuk mengerjakan soal yang ada di LKS sebagai tugas di rumah.
- Guru bersama siswa menutup proses pembelajaran dengan membacakan hamdalah secara bersama-sama
2 menit
Sumber/Bahan Ajar
- Buku Paket Terampil Berhitung Matematika untuk SD kelas V, Drs. Suriptu, MM, Drs. Sudwiyanto, Jakarta, kelas V hal 83-87
- Laptop
- Proyektor
- Papan tulis
- Spidol
- Bangun kubus
- Bangun balok
Penilaian
Teknik Penilaian : Tes dan non tes
Bentuk Penilaian : Tertulis dan kinerja
Instrumen Penilaian : (terlampir)
Bentuk Tes
Essay
- Sebuah kubus yang panjang sisinya adalah 4 cm, barapakah volume kubus tersebut?
- Sebuah kubus yang panjang sisinya adalah 6 cm, barapakah volume kubus tersebut?
- Sebuah balok memiliki panjang12 cm, lebar 5 cm dan tinggi 9 cm, berapakah volume balok tersebut?
- Sebuah balok memiliki panjang15 cm, lebar 7 cm dan tinggi 9 cm, berapakah volume balok tersebut?
- Sebuah balok memiliki panjang 20 cm, lebar 5 cm dan tinggi 8 cm, berapakah volume balok tersebut?
kunci jawaban:
- Dik : s = 4 cm
= 4 x 4 x 4
= 64 cm3
Jadi volume kubus tersebut adalah 64 cm3
2. Dik : s = 6 cm
Volume kubus = s x s x s
= 6 x 6 x 6
= 216 cm3
Jadi volume kubus tersebut adalah 216 cm3
3. Dik : Panjang = 12 cm
Lebar = 5 cm
Tinggi = 9 cm
Volume = p x l x t
= 12 x 5 x 9
= 540 cm3
Jadi volume balok tersebut adalah 540 cm3
4. Dik : Panjang = 15 cm
Lebar = 7 cm
Tinggi = 9 cm
Volume = p x l x t
= 15 x 7 x 9
= 945 cm3
Jadi volume balok tersebut adalah 945 cm3
5. Dik balok:
Panjang = 20 cm
Lebar = 5 cm
Tinggi = 8 cm
Volume = p x l x t
= 20 x 5 x 8
= 800 cm3
Jadi volume balok 800 cm3
skor
No 1 = 20
No 2 =20
No 3 =20
No 4 =20
No 5 = 0
Petunjuk Penskoran:
80/100 x 100 = 80
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:
/ 100 x 4 = 3,2
Bentuk Non Tes
Kinerja
Rubrik penilaian sikap setelah melakukan Eksperimen
No Nama siswa Aspek yang diamati Keterangan
1 2 3 4
1
2
3
Keterangan Aspek yang dinilai
1. Keaktifan
2. Keberanian
3. Tanggung jawab
4. Ketelitian
Petunjuk akhir menggunakan skala 1 sampai 4 perhitungan skor akhir menggunakan rumus:
Nilai =
Sesuai Permendikbud No 81A Tahun 2013 peserta didik memperoleh nilai adalah :
Sangat Baik : apabila memperoleh skor : 3,33 < skor ≤ 4,00
Baik : apabila memperoleh skor : 2,33 < skor ≤ 3,33
Cukup : apabila memperoleh skor : 1,33 < skor ≤ 2,33
Kurang : apabila memperoleh skor : skor ≤ 1,33
Predikat Nilai Kompetensi
Pengetahuan Keterampilan Sikap
A 4 4 SB
A - 3.66 3.66
B + 3.33 3.33 B
B 3 3
B - 2.66 2.66
C + 2.33 2.33 C
C 2 2
C - 1.66 1.66
D + 1.33 1.33 D
D 1 1
Mengetahui Banjarmasin, 9 April 2015
Supervisor, Praktikan,
Nama Dosen Khalis Saputra.
NIP. NIM. 12012.........
Semoga bermanfaat
BalasHapusA Beginner's Guide to Online Casino - Ambienshoppie
BalasHapusThis online 온라인 카지노 사이트 벳무브 casino game is an easy and fun casino game. You can play a wide range of games from casino games such as blackjack and roulette to video